Lomba Foto Wisata Pesisir Kota Semarang

By October 18, 2016 No Comments
Event

Langkah nyata perlindungan pesisir dimulai pada tahun 2013, dengan Pemerintah Kota Semarang bersama beberapa partner lokal dan internasional menginisiasi program Peningkatan Ketahanan Masyarakat Pesisir melalui Penguatan Jasa Ekosistem Mangrove dan Mengembangkan Penghidupan Berkelanjutan di Kota Semarang sebagai upaya pemerintah kota untuk mendorong peningkatan ketahanan masyarakat di pesisir Kota Semarang. Salah satu cara meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan pesisir adalah dengan memperkenalkan keindahan wisata pesisir di Kota Semarang. Mengenalkan wisata Pesisir di Kota Emarang diharapkan dapat memperkenalkan beragam pilihan wisata pesisir sebagai obyek wisata di Kota Semarang melalui foto-foto yang dihasilkan dari perlombaan ini serta berbagi pengalaman wisata pesisir yang dialami pelaku wisata sendiri.

Peserta Lomba

Peserta lomba adalah masyarakat umum secara indiviu/kelompok. Pendaftaran lomba dibuka secara umum mulai tanggal 17 Oktober-5 November 2016 melalui CP (Contact Person) dari kegiatan ini. Peserta dapat mengikuti lomba dalam dua katagori sekaligus dan berkesempatan untuk menenangkan semua hadiah dalam semua katagori.

Lokasi Pengambilan Foto

Masing-masing peserta mengambil foto di enam titik kawasan mangrove di Kota Semarang (Trimulyo, Tambakrejo, Maron, Tapak, Mangunharjo, Mangkang Kulon). Panitia menyediakan satu hari khusus untuk pengambilan gambar (jika diperlukan) yaitu pada hari Minggu, 30 Oktober 2016 dan didampingi oleh masyarakat di wilayah masing-masing untuk pengambilan gambar pada hari itu.

Kriteria Lomba dan Penjurian

Terdapat dua kriteria lomba yaitu (a) Landscape, (b) Selfie/wefie. Dipilih satu foto terbaik dari masing-masing lokasi (6 lokasi) dan masing-masing kriteria yang dapat menggambarkan keindahan kawasan mangrove. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan lokasi-lokasi menarik di pesisir Kota Semarang melalui foto-foto. Foto-foto yang diperlombakan haruslah foto terbaru atau yang diambil pada saat hari yang ditentukan (30 Oktober 2016) atau lebih baru lagi dari lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Persyaratan Lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum
  2. Foto yang diperlombakan adalah hasil karya pribadi/kelompok, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya
  3. Foto diambil menggunakan kamera digital
  4. Peserta memiliki akun Instagram yang tidak di private
  5. Peserta harus
  6. Mengunggah foto ke Instagram dengan caption judul foto, lokasi dan nama, dengan tagar (hashtag) #KampanyePesisirSemarang #MangroveSemarang #PesisirSemarangTangguh #LombaFotoWisataPesisir2016 #SemarangTangguh #WisataPesisirSemarang #WisataSemarang
  7. Mengirimkan softfile foto yang telah diunggah di Instagram kepada panitia melalui email di:bintangseptiarani@gmail.com dengan subject: Lomba Foto Wisata Pesisir, selambat-lambatnya tanggal 5 November 2016 pukul 23.59
  8. Minimal resolusi foto yang dikirim adalah 1080/ HD
  9. Foto berwarna dan pengolahan digital yang diperbolehkan terhadap foto adalah crop, level, curve dan saturation
  10. Foto yang dikirim tidak mengandung SARA, pornografi serta tidak menyinggung pihak tertentu
  11. Peserta hanya boleh mengirimkan satu foto untuk masing-masing lokasi
  12. Periode pengambilan foto adalah 1 Agustus 2016 – 5 November 2016
  13. Foto yang telah dikirimkan sepenuhnya akan menjadi hak panitia dan akan dipajang pada saat kegiatan Kampanye Pesisir yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2016 di CFD Jl. Pahlawan Semarang
  14. Pemenang akan diumumkan pada saat acara Kampanye Pesisir tanggal 13 November 2016 di CFD Jl. Pahlawan Semarang
  15. Keputusannya juri tidak dapat diganggu gugat
  16. Foto yang tidak memenuhi syarat dan diterima lebih dari waktu yang telah ditentukan dianggap gugur.

Foto yang dikirim sebelumnya telah diberi tanda air (watermark) yang berisi, nama fotografer, lokasi dan tanggal pengambilan.

Hadiah

Terdapat 13 hadiah yang tersedia untuk masing-masing foto yang terpilih dalam perlombaan ini. Masing-masing foto yang terpilih akan diberikan hadiah sebesar Rp 500.000. Terdapat 12 foto yang akan terpilih dari dua katagori dan enam lokasi (masing-masing lokasi dipilih satu foto). Keduabelas foto terpilih akan di publikasikan di Website ACCCRN Mercy Corps Indonesia dan RC100 Semarang. Tiap peserta berkemungkinan untuk memenangkan semua hadiah dalam dua kategori jika foto hasil karyanya diumumkan sebagai pemenang yang terpilih. Serta satu hadiah untuk foto terfavorit yang diambil dari banyaknya like yang ada dalam posting foto Instagram pada tanggal 12 November 2016 pukul 23.59.

Tanggal-tanggal Penting

17 Oktober – 5 November 2016      : Pendaftaran Lomba

27 Oktober 2016               : Technical Meeting dan workshop

30 Oktober 2016               : Pengambilan gambar

5 November 2016            : Deadline pengumpulan foto

12 November 2016          : Deadline foto terfavorit

13 November 2016          : Pengumuman pemenang lomba, CFD Kampanye Pesisir.

Contact Person dan Pendaftaran

Bintang Septiarani : 085641569952 (telp, sms, WA)

Leave a Reply